G84ZfvXDavQthZPop1Ug7Yfm86ah7XVSYx5hlMli

Tips Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat Jasmani Dan Rohani

Memperdulikan kesejahteraan Anda sendiri saat menjadi orang tua bisa jadi adalah hal yang sulit, tetapi mempraktikkan kepedulian terhadap diri sendiri dapat membantu Anda memperhatikan orang lain.
Ilustrasi Picture

Baca tips dari para pakar kesehatan saat Anda merasa kewalahan.

A. Fokus pada Kebutuhan Dasar

Jika Anda merasa kewalahan, mulailah dengan kebutuhan dasar Anda dan anak Anda:
  1. Tidur yang nyenyak.
  2. Makan makanan sehat.
  3. Serta melakukan aktivitas fisik.
Ketika kebutuhan dasar tersebut terpenuhi, Anda dapat menetapkan tujuan tambahan. Mulailah dengan apa yang harus diselesaikan. Lalu, pertimbangkan untuk menambahkan apa yang ingin Anda selesaikan.

B. Berhentilah Sejenak

Untuk dapat membantu anak Anda, penting bagi Anda untuk juga menjaga diri sendiri. Istirahat sejenak saat menjalani hari, meskipun hanya untuk peregangan, menarik napas dalam-dalam, atau minum air putih, dapat membantu Anda mengelola stres dan merasa lebih terkendali.

C. Minta Bantuan

Tidak ada salahnya meminta bantuan dari komunitas atau pendukung Anda. Anda dapat mencari dukungan dari guru anak Anda, kepercayaan atau komunitas spiritual Anda, orang tua lain atau anggota keluarga. Ingatlah bahwa ketika Anda meminta bantuan, Anda juga mencontohkan perilaku itu untuk anak Anda.

D. Bersikap Baiklah pada Diri Sendiri

Saat Anda mengalami hari yang menantang, bayangkan teman, pasangan, atau orang tua yang baik di sisi Anda, memberi Anda dukungan dan bantuan. Bicaralah pada diri sendiri seperti orang ini akan berbicara dengan Anda. Ingatlah bahwa menyayangi diri sendiri adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan melalui latihan.

E. Tetap Jalin Komunikasi

Saat mencoba menyeimbangkan pekerjaan dan mengasuh anak, mungkin sulit untuk meluangkan waktu guna menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga.
Pertimbangkan untuk menjadwalkan check-in rutin dengan orang yang mendukung Anda. Percakapan ini dapat membantu mengisi hari-hari Anda dan memberi Anda sesuatu untuk dinantikan. Bahkan obrolan 5 menit pun dapat membantu Anda merasa terhubung.

F. Rayakan Kegembiraan Kecil

Ingatkan diri sendiri bahwa Anda adalah orang tua baik yang melakukan hal yang terbaik. Setiap kesuksesan patut dirayakan, tidak peduli seberapa kecil. Cobalah membuat daftar tentang apa yang Anda lakukan dengan baik setiap hari dan fokuslah pada daftar tersebut ketika Anda merasa frustrasi.

G. Terima Ketidakpastian

Jika Anda mengalami banyak ketidakpastian, Anda mungkin merasa tidak nyaman atau lelah. Cobalah mempraktikkan penerimaan dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang Anda miliki sekarang.
Saat merencanakan masa depan, hindari berfokus pada skenario terburuk. Mengambil pendekatan rasional bisa sangat membantu saat Anda merasa tidak berdaya melawan ketidakpastian.

H. Latih Empati

Situasi saat ini sulit bagi semua orang, termasuk anak Anda. Merupakan hal yang normal bagi anak-anak untuk menjadi cemas, yang mungkin membuat mereka bertingkah tidak sewajarnya. Jika emosi atau perilaku anak Anda tidak terkendali, tarik napas dalam-dalam.
Lakukan diskusi yang tenang tentang masalah tersebut dengan anak Anda. Anda dapat memahami apa yang anak Anda rasakan dan jujur tentang perasaan Anda juga. Ketika segala sesuatunya berjalan baik, berikan pujian dan perkuat perilaku positif.
Baca Juga
Natasha Bee
Author of Tehingkok

YANG BIKIN SENYUM

Posting Komentar