G84ZfvXDavQthZPop1Ug7Yfm86ah7XVSYx5hlMli

Cara Menanggulangi Rasa Stres Dalam Menjalani Kehidupan

Perasaan Stres berarti merasa terganggu atau terancam oleh kehidupan. Jika Anda mengalami stres, Anda tidak sendiri. Setiap orang kadang-kadang mengalami stres.
Ilustrasi Picture by PUBG
Sedikit stres bukanlah masalah. Tetapi stres yang sangat tinggi bisa memengaruhi tubuh Anda. Tips ini bisa membantu Anda atau seseorang yang Anda kenal mengelola stres.

A. Latih Diri Anda.

Saat pikiran dan perasaan kewalahan, latihan yang disebut “grounding” bisa membantu. Mulailah dengan memperhatikan pikiran dan perasaan Anda. Kurangi aktivitas dan berkonsentrasilah pada tubuh Anda.

Perlahan dorong kaki Anda ke lantai. Ragangkan. Pelankan napas Anda, dan fokuslah pada napas yang masuk dan keluar. Jika pikiran mulai mengganggu, fokuskan kembali pada pernapasan Anda. Berikan perhatian penuh Anda.

B. Lepaskan Dari Pikiran Yang Sulit.

Pikiran atau perasaan yang sulit bisa membuat Anda sulit fokus pada hal-hal penting. Ketika ini terjadi, mulailah dengan menyadari bahwa sebuah pikiran atau perasaan telah mengganggu Anda. Kemudian coba beri nama.

Misalnya, Anda bisa berkata, “Saya melihat perasaan marah.” Setelah Anda menyadari dan menamai pikiran atau perasaan tersebut, fokus kembali: perhatikan sepenuhnya siapa saja yang bersama Anda dan apa pun yang Anda lakukan.

C. Bertindaklah Sesuai Nilai-nilai Anda.

Nilai-nilai Anda menggambarkan orang seperti apa yang Anda inginkan. Misalnya, beberapa nilai umum adalah “Bersikap baik” dan “Bersabar.”

Targetkan untuk memulai setiap hari dengan memikirkan 2 atau 3 nilai yang ingin Anda jalani. Kemudian terapkan tindakan Anda untuk hidup dengan nilai-nilai ini. Lakukan apa pun yang Anda bisa, sekecil apa pun itu, untuk bertindak berdasarkan nilai-nilai Anda.

D. Bersikaplah Baik Kepada Diri Sendiri dan Orang Lain.

Banyak dari kita yang berbuat tidak baik pada diri sendiri saat berada dalam situasi sulit. Jika Anda baik kepada diri sendiri, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk membantu orang lain, sehingga semua orang diuntungkan.

Cobalah berbicara kepada diri sendiri dengan ramah. Pikirkan tentang tindakan kebaikan kecil yang bisa Anda lakukan saat melihat seseorang kesakitan, menderita, atau berjuang.

E. Beri Ruang Untuk Pikiran Anda.

Tidak peduli seberapa parah cuacanya, langit punya ruang untuknya, dan cepat atau lambat, cuaca selalu berubah. Kita bisa belajar menjadi seperti langit, dan memberi ruang untuk “cuaca buruk” dari pikiran dan perasaan kita yang sulit tanpa disakiti olehnya.

Perhatikan dan beri nama pikiran dan perasaan tersebut. Bernapaslah perlahan dan biarkan perasaan itu ada di sana. Saat Anda memberi ruang, pikiran itu tetap bersama Anda, tetapi Anda bisa terlibat dengan dunia di sekitar Anda.

F. Latih Keterampilan Anda.

Mengelola stres adalah proses yang berkelanjutan. Setiap langkah kecil adalah hal penting. Semakin banyak Anda melatih keterampilan ini, semakin baik hal yang akan didapatkan.#
Baca Juga
Natasha Bee
Author of Tehingkok

YANG BIKIN SENYUM

Posting Komentar