G84ZfvXDavQthZPop1Ug7Yfm86ah7XVSYx5hlMli

Kenali Jenis Ciri Dan Tipe Para Scammer

Tehingkok - Apakah kamu pernah dengar istilah scammer? Atau kamu malah pernah jadi korban scammer? Atau kamu sendiri adalah scammer!. Berikut ini adalah penjelasan dari arti scammer dan ciri-ciri scammer pada umumnya serta cara yang sering mereka lakukan.

Gambar Hanya Ilustrasi Saja

Scammer adalah seseorang atau sekelompok orang yang menipu uang (korbannya) dengan cara yang sangat licik dan kotor, terkadang mereka menipu lewat dunia maya atau sering juga secarang langsung tanpa prantara, pelakunya orang-orang lokal dan tidak jarang juga dilakukan oleh orang asing. Secara garis besar SCAMMER itu adalah TUKANG TIPU.

Jenis-Jenis Scammers Secara Umum: 

Scammer iklan jual beli online, Hadiah, Business, Uang dalam paket, Computer kena virus, Cinta Dunia Maya dan Nyata, Survey dapat duit, Travel dan masih banyak lagi.

1.) Scammer/Phising Link Domain Iklan Jual Beli: 

Membuat Domain situs yang mirip situs aslinya, mereka buat situs web yang isi dan tampilannya menyerupai situs aslinya, misal domain asli mi.co.id maka mereka akan membuat domain yang hampir serupa misal mi-co.id dan isi dari situs palsu tersebut menjual barang dengan harga murah yang tidak sesuai dengan yang di jual oleh situs resminya.

Untuk menghindari hal buruk, lebih baik anda menanyakan langsung tentang situs tersebut kepada pihak situs resminya. Biasanya situs resminya selalu menyediakan tempat layanan konsumen, nah disana anda bisa bertanya langsung tentang link yang menyerupai tersebut.

Biasanya pihak meraka (Scammer) tidak segan-segan melakukan niaga jual beli, membuat toko online (ecommers) dengan situs web sendiri dan web tersebut tergolong masih sangat muda usianya, dan mereka menjual barang dengan harga yang sangat murah, biasanya diskon 60%-90% dengan sistem pembayaran transfer langsung kerekening mereka. Tidak jarang mereka melakukan promosi besar-besaran agar para korbannya tergiur untuk membeli, memasang iklan di televisi misalnya.

Setelah para korban tergiur dan membeli maka barang yang mereka beli tidak akan kunjung mereka terima dan para scammer akan beralasan macam-macam yang tujuannya adalah uang kalian tidak akan kembali lagi.

2.) Scammer Undian Hadiah: 

Anda dinyatakan dapat hadiah dari Sido Muncul, Telkomsel dll  pakai website gratisan yang mirip website asli. Ujung ujungnya anda di suruh kirim uang administrasi.

3.) Scammer Business (Kerja Sama Bisnis): 

Diajak business dan kita disuruh invest, boro boro untung yang ada buntung. Kalau orang Nigeria mereka pura pura mau ajak business tapi aslinya diajak bikin dollar palsu. Percayalah uang anda melayang ditukar dengan kertas.

4.) Scammer Uang Dalam Paket:

Dicari calon korban yang lugu, percaya aja mau di titipin uang, nanti di kasih komisi. Padahal mana ada duit masukin di box terus di kirim.  Percayalah anda akan disuruh bayar asuransi denda dan jangan harap uang itu datang.

5.) Scammer Computer Kena Virus:

Anda di telpon orang yang ngaku dari Microsoft dan mengatakan komputer anda kena virus. Lalu dipandu suruh ini itu akhirnya suruh bayar. Ketahuilah bahwasanya komputer anda tidak apa-apa.

6.) Scammer Cinta Maya dan Nyata : 

Orang Indonesia banyak tertipu dengan cinta maya. Apalagi kalau yang punya photo bule ganteng berbaju US Army...langsung klepekan termehek mehek. Kalau penipunya cewek, dia pakai photo cewek sexy banget biar cowok tertarik. Kata kata mereka romantis abis, janji hadiah mewah, menikah dengan anda. Percayalah tujuan mereka cuma satu yaitu duit duit dan duit.

Sekali kamu kirim, maka akan ada alasan lain agar kamu kirim uang lagi. Sekali , dua kali tiga kali sampai sadar kamu ditipu. Dengan liciknya scammer akan bilang bahwa kamu sudah merugikan dia karena hadiah mahal dan uang jutaan dollar ngga ditebus sama kamu. Lalu mulai berkata kasar dan mengancam. Dia yang penipu tapi seolah dia yang dirugikan dan kamulah yang bersalah. Itulah jahatnya scammer.

Khusus Untuk Scammer Cinta, Perhatikan Pertanyaan  Berikut ini :

  1. Apakah kamu punya Akun di FB atau Dating sites lainnya?
  2. Apakah ada seseorang jatuh cinta pada kamu dalam waktu sangat singkat ? baru dua kali kirim pesan , gombalnya selangit.
  3. Menanyakan apa pekerjaanmu dan hobbi mu? (dia ingin tahu kamu punya duit apa ngga).
  4. Apakah dia mengaku berasal dari Eropa, Amerika, UK?
  5. Apakah dia mengaku army? dokter? Businessman? kerja di PBB , di Oil dll, tapi sedang tugas di Africa, Afganistan, Iran dan Iraq.
  6. Apakah dia mau masuk Islam (Pindah Agama) demi kamu, mau kirim hadiah mewah tanda cinta ? Atau kirim uang yang jumlahnya tidak masuk akal? Katanya untuk masa depan berdua. (Kamu pasti disuruh bayar pajak, lalu asuransi, lalu affidafit. Yakinlah hadiah itu tidak akan pernah kamu terima).
  7. Janji mau datang berkunjung dan menikahimu? ( sampai tahun jebot dia tidak akan datang ).
  8. Apakah teman temannya di jejaring sosial semua cewek? Tidak ada photo keluarga atau teman teman cowok?.
  9. Apakah photo photonya bule ganteng, kadang berseragam Tentara USA?.
  10. Khusus Scammer asal Indonesia, biasanya suka minjam duit dgn alasan macam macam. Ngaku kerja di perusahaan besar. Kadang pasang photo POLTENG. Percayalah setelah di pinjamin uang pasti dia hilang. Jika jawaban semuanya IYA, maka dia adalah KANG SCAMMER.

Jangan harap dunia International bisa memberantas kegiatan scammers ini. Mereka mati satu tumbuh seribu. Kitalah yang harus pandai memilah dan memilih dalam berteman di dunia maya. Kitalah yang harus berhati hati dan waspada. Kita lah yang harus melindungi diri dan keluarga kita.

Baca Juga
Natasha Bee
Author of Tehingkok

YANG BIKIN SENYUM

1 komentar

  1. Saya pernah tertipu toko online baru baru ini, karena tergiur iklan yang mereka pasang di stasiun tv.

    Saya kira beneran jual barang murah.
    Ehh.. tahunya tukan tipu dan uang saya entah akan kembali atau tidak.

    Nyeseekkkk

    BalasHapus
Seseorang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapannya, tetapi hebat dalam tindakannya.